Sabtu, 16 Juni 2012

Makalah Nyonya Meneer


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Semakin banyak yang merasakan khasiat jamu racikan Nyonya Meneer, semakin banyak pula permintaan padanya untuk mengantarkan sendiri jamu yang belakangan mulai dikemasnya itu. Kesibukan Nyonya Meneer di dapur tidak memungkinkan untuk memenuhi permintaan itu. Dengan berat hati dia minta maaf, dan sebagai ganti dia mencantumkan fotonya pada kemasan jamu buatannya. Tak ada yang keberatan, tak ada pula yang menduga bahwa di kemudian hari, jamu dengan potret seorang wanita ini melegenda.
Di era globalisasi seperti sekarang ini sudah sangat jarang jamu tradisional. Apalagi jamu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami atau tumbuhan yang berkhasiat.
  Apalagi pada zaman sekarang tidak banyak orang yang mengetahui tanaman apa saja yang berkhasiat sebagai bahan dasar jamu tradisional. Karena saat ini, jamu tradisional telah tertinggal oleh obat-obatan yang modern atau berbahan kimia yang mana menurut banyak orang, obat-obatan tersebut lebih ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit daripada jamu-jamu tradisional tempo dulu. Walaupun begitu, jamu tradisional adalah jamu yang banyak digunakan pada zaman dulu sebelum obat-obatan tersebut ada.
Oleh karena itu, jangan sampai kita melupakan jamu-jamu tradisional yang mana telah ada sejak zaman dulu.
Dan dengan adanya kunjungan keperusahaan jamu tradisional Ny. Meneer, kita dapat belajar untuk lebih mengenal ramuan tradisional yang alami dan berkhasiat.

B.     Permasalahan

Permasalahan  kami  mengunjungi PT. Nyonya Meneer adalah agar kami mendapat wawasan yang lebih tentang pembuatan jamu. Kami juga ingin mengetahui lebih jelas tentang produksi jamu di  PT. Nyonya Meneer agar lebih dapat mengetahui lebih jelas tentang detail pembuatan jamu.

 
C.    Tujuan Penulisan Makalah

Tujuan Penulis menulis Makalah ini adalah :
1.         Supaya kita lebih mengetahui khasiat jamu tradisional.
2.    Untuk mengetahui tumbuhan apa saja yang berkhasiat dan sering digunakan jamu.
3.          Agar kami dapat lebih mengetahui tentang produksi jamu.
4.         Agar kami dapat menjadi lebih tahu tentang pembuatan jamu.
5.    Agar kami bisa menambah wawasan kami tentang pengolahan jamu di Pabrik.
6.    Tujuan lain dari penulisan Makalah ini adalah agar kami memperoleh banyak pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah jamu, proses pembuatan

BAB II
PROFIL NYONYA MENEER SEMARANG

A.    SEJARAH BERDIRINYA PT. NYONYA MENEER SEMARANG




PT. Ny Meneer berdiri pada tahun 1940 di Semarang Jawa Tengah dan Jakarta. Awalnya jamu buatan Ny. Meneer hanya untuk sang suami yang terserang penyakit, berbagai pengobatan telah dilakukan tapi tidak mampu memulihkan kondisi suaminya. Akhirnya dengan bekal pengetahuan yang tidak terlalu luas Ny. Meneer meracik sebuah ramuan dari tumbuh-tumbuhan alami yang berkhasiat. Tak disangka-sangka racikan jamu buatanya pun mujarab untuk memulihkan penyakit suaminya itu. Para kerabat dekatnya di Semarang segera mencium dinginnya tangan Ny. Meneer dalam mengolah jamu tradisional. Semakin banyak orang yang merasakan khasiat jamu buatannya, semakin banyak pula permintaan padanya untuk mengantarkan sendiri jamu yang belakangan mulai dikemasnya itu. Karena tidak memungkinkan untuk dirinya mengantarkan jamu itu sendiri, dengan berat hati beliau minta maaf dan sebagai gantinya beliau mencantumkan foto dirinya pada kemasan jamu buatannya itu. Mulai dari situ Ny. Meneer berhasil mewujudkan impiannya untuk mendirikan perusahaan jamu jawa asli. Untuk mempermudah pelanggannya Ny. Meneer membuka toko jamu dijalan Pedamaran 92 Semarang. Perusahaan keluarga ini terus berkembang dengan bantuan anak-anaknya yang sudah mulai besar. Seorang putrinya Nonnie pindah ke Jakarta. Dialah yang merintis dibukanya cabang Ny. Meneer dijalan Juanda, Pasar Baru Jakarta.  
Pada mulanya jamu Ny.Meneer hanya dipasarkan diIndonesia. Tapi pada tahun 2006 perusahaan jamu Ny. Meneer merambah kedunia Internasional dan berhasil memperluas pemasaran keluar negeri. Pemasaran jamu Ny. Meneer diperluas hingga ke Taiwan setelah sebelumnya berhasil memasuki pemasaran Malaysia, Brunei, Australia, Belanda dan Amerika Serikat. Dari situlah awal perusahaan Ny. Meneer yang berkembang pesat dan bertahan sampai sekarang.
Pada tahun 1919 atas dorongan keluarga berdirilah Jamu Cap Potret Nyonya Meneer yang kemudian menjadi cikal bakal salah satu industri jamu terbesar di Indonesia. Selain mendirikan pabrik Ny Meneer juga membuka toko di Jalan Pedamaran 92, Semarang. Perusahaan keluarga ini terus berkembang dengan bantuan anak-anaknya yang mulai besar.
Pada tahun 1940 melalui bantuan putrinya, Nonnie, yang hijrah ke Jakarta, berdirilah cabang toko Nyonya Meneer, di Jalan Juanda, Pasar Baru, Jakarta.
Di tangan Ibu dan anak, Nyonya Meneer dan Hans Ramana perusahaan berkembang pesat.
Nyonya Meneer meninggal dunia tahun 1978, generasi kedua yaitu anaknya, Hans Ramana, yang juga mengelola bisnis bersama ibunya meninggal terlebih dahulu pada tahun 1976. Operasional perusahaan kemudian diteruskan oleh generasi ketiga yakni kelima cucu Nyonya Meneer.
Namun ke lima bersaudara ini kurang serasi dan perebutan kekuasaan menjadi sengketa berkelanjutan selama 1984-2000 dan sempat dibawa ke meja hijau. Begitu sengitnya pertikaian di tubuh PT Nyonya Meneer, Menaker Cosmas Batubara saat itu ikut turun tangan. Sebab, pertikaian antar keluarga sampai melibatkan ribuan pekerja perusahaan itu. Akhirnya saudara-saudara tersebut menjatuhkan pilihan untuk berpisah dan menjual bagian mereka kepada Charles Ong Saerang.
Media mencatat beberapa kali masalah-masalah pekerja dan pemogokan buruh terjadi pada tahun 2000 - 2001 di perusahaan jamu ini. Di antara lain: penuntutan pembayaran THR ,  demonstrasi, pemogokan, hak asasi manusia . Namun sejak perbaikan manajemen dibawah kepemimpinan Charles Saerang, tidak tercatat lagi masalah kepegawaian di perusahaan ini.
Kini perusahaan murni dimiliki dan dikendalikan salah satu cucu Nyonya Meneer yaitu Dr. Charles Saerang.
Pabrik PT Nyonya Meneer berdiri di atas areal seluas 9.980 m2 dan dilengkapi laboratorium, sejak 1977. Kantornya sendiri berada di Jalan Raden Patah, Semarang. Di lantai dua bangunan utama pabrik itu, didirikan museum jamu.
Pada siaran persnya CIMB Bank Niaga yang melakukan Kerjasama Pembiayaan Distributor dengan Nyonya Meneer mencatat bahwa pasar dalam negeri dikuasai Jamu Nyonya Meneer dengan dukungan 2000 agen melalui 28,665 outlet yang tersebar di 19 propinsi. Sedangkan ekspor terus dilakukan untuk negara-negara tujuan, seperti Malaysia, Singapura, Belanda, Arab Saudi, Australia, Taiwan dan Amerika Serikat, dengan hasil ekspor yang mencapai Rp31 miliar pada tahun 2007. Nyonya Meneer pun merencanakan jamu sebagai metode pengobatan di institusi kesehatan dengan mendirikan Rumah Sakit yang khusus menggunakan jamu dan obat farmasi secara berdampingan.

B.     PROSES PRODUKSI PT. NYONYA MENEER SEMARANG

Dibawah ini adalah bagan proses Produksi PT. Nyonya Meneer.



C.    PRODUK – PRODUK PT. NYONYA MENEER SEMARANG

Produk – produk jamu PT. Nyonya Meneer Semarang sangat banyak jenisnya. Dibawah ini adalah salah sebagian kecil jenis produk dari PT. Nyonya Meneer Semarang.
JAMU UNTUK PERAWATAN DAN PENYEMBUHAN    

 



No. 14 : Jamu Cabe Puyang
Mengobati rasa lemas, lemah dan lesu, terutama bagi mereka yang baru sembuh dari sakit. Menambah nafsu makan dan memperbaiki pencernaan.
Tersedia dalam bentuk Jamu bubuk




No. 21 : JAMU CARANG BURUNG
Untuk pria dan wanita yang badannya kurang sehat dan kurang bertenaga, bekerja lekas lelah, malas dan sulit buang air. Minum tiap pagi dan sore.





No. 22 : JAMU SELINJONG
Untuk melancarkan peredaran darah. Jamu ini baik sekali untuk pria dan wanita berbadan lemah atau bagi yang telah lanjut usia. Badan selalu merasa lelah, tidur tidak nyenyak, kalau bangun pagi masih merasa ngantuk.




No. 23 : Jamu Stroong
Menyembuhkan penyakit flu, seperti : kepala pusing, pilek dan bibir pecah-pecah
Tersedia dalam bentuk Jamu bubuk dan pil





No. 63 : JAMU SEGER
Untuk yang ingin mempunyai badah sehat, gemuk dan kuat. Jamu ini menyebabkan tidur nyenyak, nafsu makan bertambah, melancarkan buang air, manambah darah dan mendatangkan tenaga baru.




No. 109 : JAMU SINGKIR ANGIN
Jamu yang berkhasiat menyingkirkan dan menolak semua gejala masuk angin seperti : pusing, demam, perut kembung, lesu dan mual-mual. Sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh dikala bekerja lembur dan melakukan perjalanan jauh. Supaya badan tetap sehat, segar dan giat bekerja.

  

BAB III
PEMBAHASAN

A.    PEMBAHASAN PROSES PRODUK JAMU PT. NYONYA MENEER SEMARANG

Cara Pembuatan Formula (racikan) Jamu Berkhasiat
Kendala pembuatan jamu berkhasiat terdiri dari satu jenis tanaman hampir dikatakan tidak mungkin karena memerlukan dosis yang sangat besar.
Missal; Program Pemerintah menggalakkan Temulawak untuk Indonesia Sehat 2010, tanpa menyebutkan dosis, formulasi dan cara pembuatan jamu agar berkhasiat.
Harapan pemerintah tidak akan terjadi karena zat aktif dari temulawak larutnya dalam lemak dan hanya 2 % yang larut dalam air. Nenek moyang kita sangat pintar dengan racikan cabe-puyang. Puyang atau temu-temuan adalah temulawak, kunir, kunir putih, temu mangga, bengle dan temu lainnya. Cabe adalah cabe jawa (piperin)
Dari hasil uji pra klinik ternyata bila 100 g puyang diberikan ke tikus tidak berkhasiat, tetapi setelah ditambah cabe jawa 1 g berkhasiat mencegah tumor dan dinyatakan khasiatnya bisa meningkat 2000 kali lipat pada jam pertama dan selanjutnya turun.
Saran; Uji pra-klinik ini perlu diteliti lebih lanjut oleh pemerintah. Karena Tumerik zat aktif dari Kunir sudah dipatenkan di Amerika. Racikan Jahe-lengkuas telah dipatenkan di Swedia
Masalah lain lagi dari pembuatan racikan jamu adalah tumbuan obat yang sedang booming seperti Mahkota-dewa yang terkenal dengan Buah Racun dari Irian sangat beracun dengan dosis lasim sekali pakai 67 % dari Ld 50.kalau 3 kali pakai menjadi 200 % dari Ld 50
Saran; Pemeritah seharusnya melakukan penelitian yang intensif sampai menemukan dosis yang aman dan mensosialisasikan pada masyarakat

B.     KETERKAITAN ANTARA PROSES PRODUKSI JAMU PT. NYONYA MENEER SEMARANG DALAM PRAKTEK DI SEKOLAH

Keterkaitan antara proses produksi jamu PT. Nyonya Meneer dengan praktek di Sekolah  adalah :
-        


BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Dengan adanya kunjungan industri ke PT. Nyonya  Meneer bahwa kita sebagai generasi muda harus mengerti tentang jamu tradisional yang sekarang sudah jarang di zaman seperti sekarang ini. Bukan hanya mengetahui tentang obat-obatan kimia yang banyak diapotik yang terkesan lebih modern daripada jamu tradisional yang lebih ketinggalan zaman.

B.     SARAN – SARAN

Dari semua pengetahuan yang saya peroleh dari PT. Nyonya Meneer, saya menyarankan agar PT. Nyonya  Meneer bisa menjadi perusahaan jamu tradisional yang alami, yang terus berkembang sampai nanti dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen.
Dari semua yang telah kami dapatkan dari PT. Nyonya Meneer, kami menjadi lebih banyak wawasan tentang produksi jamu, pengolahan, distribusi, dan lain sebagainya mengenai perkembangan pengolahan jamu di PT. Nyonya Meneer.

C.    KATA PENUTUP

Kiranya cukup sekian Makalah tentang PT. Nyonya Meneer yang kami persembahkan. Semoga pengetahuan makalah yang telah kami buat dapat bermanfaat bagi kita semua.
Jika dalam penulisan makalah ini terdapat banyak kesalahan kami memohon maaf yang sebesar – besarnya karena manusia tidak ada yang sempurna.

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar