8-MACAM-MACAM ALAT INPUT
JOY
STICK
Fungsi
: menggerakan kursor dalam computer seperti Mouse atau
sebagai controller dalam game agar User bisa leluasa menggerakan object /
Mengontrol sesuai kehendaknya.
Cara kerja :
sekumpulan touch switch (sakelar sentuh) yg di tempatkan di sekeliling (4
arah,kanan kiri atas bawah) dan di dasar stick nya.Ketika joystick
digerakkan,gerakan itu secara mekanis akan menyentuh salah satu sakelar
sentuh,selanjutnya sakelar akan menutup dan menghantarkan sinyal elektris ke
rangkaian selanjutnya.
Komponen :
– Kapasitor
- Potensial meter
yang terdiri dari kontorler
Resistor
- Dioda
cahaya(LED)
- CCD
- Flat/lembaran
film
LIGHT
PEN
Fungsi
: sebagai pointer elektronik, digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar, langsung diatas screen (monitor).
Cara Kerja :
sensor yang terdapat didalam light pen mengirimkan sinyal cahaya ke komputer
dan kemudian cahaya tersebut direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Komponen
: – LED
- CCD
SCANNER
Fungsi
: mengopy gambar atau teks yang
kemudian Hasilnya akan ditampilkan di computer.
Cara Kerja :
Gambar yang akan dipindai diletakan di atas permukaan kaca pemindai Sebelum
gambar dipindai, komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang
membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi
gambar di kaca pemindai. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai
berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar. Cahaya yang
dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan,kemudian pantulan yang
dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner. Cahaya
pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD Sensor CCD akan mengukur
intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi
tegangan listrik analog. Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai
digital oleh alat pengubah ADC(analog to Digital) Sinyal digital dari sensor
CCD akan dikirim ke papan logik dan dikirimkan kembali ke computer dalam bentuk
data digital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang dipantulkan.
Komponen
: – Kaca pemindai
-
Motor Stepper
-
Lensa
-
CCD
-
ADC
SENSOR
Fungsi
: menangkap object secara fisik, saya memberikan
contoh berupa kamera, karena kamera termasuk device yang menggunakan sensor.
Cara Kerja :
object yang ditangkap oleh kamera berupa Gambar atau video yang berupa data
analog Di ubah menjadi data digital oleh ADC (analog To Digital) kemudian data
digital tersebut di Ditampilkan melalui layer.
Komponen :
– ADC
- CCD
MICROPHONE
Fungsi
: Untuk memasukan suara yang akan Disimpan.
Cara
Kerja : Konsep utama yang digunakan
oleh Microphone adalah cara merubah Impedansi, karena pada tegangan yang Tetap
perubahan impedansi akan Mempengaruhi besarnya arus pada suatu System sirkuit
tertutup Arus tersebutlah yang merupakan signal informasi akustik yang sudah
dirubah dalam bentuk elektrik (sinyal arus). Cara kerja dipetakan sepertiAlur
berikut : suara-membrane-celah udara- kapasitor. Membrane yang dipengaruhi
tekanan suara terhadap waktu mempengaruhi lebarnya celah antara membrane dengan
bahan kapsitor. Sehingga besanya impedansi, dalam hal ini kapasitansi, berubah
karena lebar celah yang berubah terhadap waktu. Hal ini pula yang mempengaruhi
besarnya arus.
Komponen
: - membran
- kapasitor
MACAM – MACAM ALAT PROSES
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT)
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program,
yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro).
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali
(control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). Disamping itu, CPU
mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan
register.
Unit
ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem
komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan
data diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali
ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika
atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Tugas
utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semu a operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan
operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ),
kurang dari (<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih besar dari (>),
dan lebih besar atau sama dengan (>=).
Memori
CPU
hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil
sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk
keseluruhan proses program. Untuk mengatasi hal ini, maka CPU harus dilengkapi
dengan alat penyimpan yang berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Random Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input
akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat
diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh
pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
- Input storage, digunakan untuk menampung input yang
dimasukkan melalui alat input.
- Program storage, digunakan untuk menyimpan semua
instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang
akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir
dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
Read Only Memory (ROM)
ROM
hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM.
ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari
program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya
program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci
papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program
bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem computer diaktifkan. Proses
mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat
berupa cold booting atau warm booting.
Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem komputer
pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup
(on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program
bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol
pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini biasanya
dilakukan bila sistem komputer macet, daripada harus mematikan aliran listrik
komputer dan menghidupkannya kembali.
Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan
microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh
pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak boleh hilang atau rusak karena bila
terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena
itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa
sehingga hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain.
Selain itu, ROM bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik
komputer dimatikan.
ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable
Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak
dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
MACAM – MACAM ALAT OUTPUT
SPEAKER
Fungsi
: Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia
dll.
Cara
Kerja : Ketika mendengarkan suara
dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim
ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing :
Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi
digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang
kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Komponen
: – Speaker Sound
- DSP
- DAC
PRINTER
Fungsi
: Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam
computer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunkan computer
maka perlu dicetak di kertas dengan printer.
Cara
Kerja : ada berbagai
macam jenis printer disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu
jenis Laser. Cara kerja printer sebagai berikut : Sebuah laser
ditembakkan sesuai dengan dot-dot yang akan dicetak. Spinning
mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum berputar pada garis
selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar laser, drum menjadi
terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak. Sejalan dengan drum
yang terus bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi
serbuk hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang
terisi muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan
dicetak. Selembar kertas kemudian dilewatkan drum. Kawat yang terisi muatan
listrik melapisi kertas. Ketika kertas kontak dengan drum, toner menempel pada
kertas. Sejalan ketika kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas
dan tekanan yang dinamakan fusing system/fuser. Fusing system ini
berfungsi untuk melelehkan tinta ke kertas. Kemudian kertas keluar dari pinter.
Di saat yang sama, permukaan drum melewati wire lain yang dinamakan corona
wire. Corona wire ini me-reset charge pada drum, dan drum siap untuk halaman
selanjutnya.
Komponen
: – Drum - Toner - Corona wire -
Fuser - Laser scanner - Roller
MONITOR
Fungsi
: Untuk menampilkan gambar, film, dan Tulisan.
Cara
Kerja : Disini saya akan
mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2
bagian utama Yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya
LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu
neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya
backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan
warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya
putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan
tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula
warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai
tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair
adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang
sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja
seperti tirai jendela. Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan
membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan
tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal Cair akan
menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang
menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan
warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.
Komponen
: - Backlight - Kristal Cair
HEADPHONE
Fungsi
: sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasita lebih
kecil Di bandingkan dengan speaker.
Cara
Kerja : suara yang telah di input
melalui Microphone dikirim ke soundcard Data digital ini kemudian diolah/
diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data
Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan
memlalui Headphones.
Komponen
: - speaker - DAC - DSP
PROYEKTOR LCD
Fungsi
: untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar.
Cara
kerja :
bekerja berdasarkan prinsip pembiasan
cahaya yang
dihasilkan oleh panel-panel
LCD.
Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B).
Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan
hasil pembiasan dari panel- panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh
sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian
dilewatkan melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar sehingga dapat
dilihat sebagai gambar utuh.
Komponen
: - ventilasi - Lensa - Socket - Sensor -
Component Video - Tabung dichroic combiner
MACAM – MACAM MEDIA PENYIMPANAN
Ø Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
Ø Floppy Disk Drive (Disket)
Floppy disk
merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket
maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
Ø Zip Driver
Zip driver merupakan
media penyimpan magnetik dengan head yang sangat kecil dan dapat
menampung data hingga 750 MB.
menampung data hingga 750 MB.
Ø Memory Card (Flash Drive atau USB Keys)
Kartu memori adalah
sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital
,suara digital dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas
ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan
seterusnya kelipatan dua. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai
sekarang ini ada sekitar 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah
tipe CF (Compact Flash ) dengan 8 GB (info : 1 GB = 1024MB, 1048576KB). Untuk
membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori kedalam komputer,
diperlukan perangkat pembaca kartu memori (memory card reader).
Ø USB Flash Disk (Flash Drive atau USB Keys)
USB flash drive
adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat
penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil,
ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006,
kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64
gigabyte.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar